Sabtu, 16 Juni 2012

SUSAHNYA MENIRU KHADIJAH (tantangan belajar sabar)

Share on :

"..orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya, (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan.” (QS. Asy-Syuura: 43)

“…Sesungguhnya, Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah: 153)

Assalamualaikum...

Hari ini saya cuma kepingin banget cerita soal betapa susahnyaaaaa meniru salah satu teladan kita para muslimah yaitu Khadijah binti Khuwailid, istri Rasulullah SAW yang dijuluki Ath-thohirah, yang berarti bersih dan suci. Kenapa kali ini saya mengaitkan belajar sabar dengan Siti Khadijah RA? Begini ceritanya...

Beberapa hari ini rasanya saya tersaruk-saruk memohon pada Allah SWT supaya di hati saya ini, quota untuk kesabaran ditambah lagi. Kalau anda jadi saya, rasa-rasanya anda juga bakalan mengajukan proposal permohonan dengan isi yang sama. Apalagi kalau anda juga berprofesi sama dengan saya, belajar jadi pedagang seperti teladan kita, Siti Khadijah RA. Beberapa minggu terakhir, saya baru saja belajar bangkit lagi dan memulai lagi coba dagang dari awal. Yaah, setelah dua tahun lebih saya 'study' di 'sekolah kehidupan' (semoga di mata Allah saya lulus dengan predikat cum laude ya! Aamiin :) ) sekarang saya coba menerapkan lagi semua ilmu bernilai positif yang saya dapat, untuk diaplikasikan dalam dunia bisnis yang sekarang saya geluti lagi. Saya kapok? Tidak! Justru saya malah berniat mendalami lebih jauh lagi dan insyaallah dengan kesiapan mental yang berbeda pula. Kalau dulu saya bertumpu pada kekuatan pribadi dan merasa paling cerdas sendiri, sekarang saya usir jauh-jauh aura fir'aun yang sombong itu dari diri saya, dan lantas tidak lagi mengandalkan akal yang terbatas ini, tapi insyaallah selalu ingat bahwa Allah-lah yang punya otoritas di seluruh nafas, detak, dan hidup saya. Intinya, berbisnis dengan ajaran Allah. Kata-kata jera (kecuali untuk perbuatan dosa dan hal negatif lainnya) tidak pernah ada dalam kamus hidup seorang Desrina. Ibaratnya, kalau dulu saya nyaris tenggelam saat belajar berenang, sekarang saya justru kembali menceburkan diri kesana. Bedanya, sekarang saya sudah belajar mengukur kedalamannya, kadar suhunya, tekanan arusnya, dan persiapan apa saja yang harus saya lakukan sebelum kembali merenanginya. Insyaallah, tidak ada kata putus asa dalam keseharian saya. 

Intinya, saat ini saya sedang kembali mencoba jadi pedagang lagi. Mencoba bergelut di usaha laundry bersama orangtua dan kakak-kakak saya, dan mencoba berdagang beberapa produk, entah itu hasil karya sendiri, maupun produk rekan-rekan saya yang saya coba pasarkan. Nah, ketika sedang menjalaninya, adaaaaa saja yang menguji kesabaran saya. Oke, kali ini saya coba sharing ya, siapa tau anda pernah mengalami hal yang sama.

Kasus 1 
Lokasi : Laundry & Butik

Customer : mbak, saya mau ambil baju atas nama Anu, ini notanya..
Saya : ini bajunya mbak..
Customer : (melihat nota dengan teliti) Mbak.. mmm.. kok ini ada baju karate ya?
Saya : lho? maaf, bukannya baju karatenya memang punya mbak Anu?
Customer : Saya ngga punya baju karate lho mbak! Ada juga baju taekwondo! (ketus)
Saya : (garuk kepala) ooh.. beda ya mbak? Tapi bajunya bener ini kan?
Customer : Iyaaa.. tapi ini tuh namanya seragam taekwondo, bukan karate mbak! Masa ga bisa bedain sih!
(Yah, berhubung satu-satunya ilmu bela diri yang saya kuasai adalah jurus langkah seribu, ya otomatis susah untuk saya membedakan apakah satu set baju dan celana warna putih itu namanya seragam taekwondo atau seragam karate? Versi saya sih, yang putih begitu namanya baju karate)
Saya : (lingkaran emas di atas kepala) iya mbak, mohon maaf. Tapi yang penting isinya bener kan? Cuma salah tulis di notanya aja?
Customer : (ngeyel) Iyaa.. ga enak aja diliat mata kalo tulisannya salah gini!
TOEEEENG! (Itu nota juga bakal dibuang abis itu kan tanteeeeee!!!) 

Kasus 2 
Lokasi : Butik & Laundy

Customer : Mbak, ini parfum merk apa yah? (melihat jejeran botol parfum di etalase)
Saya : Oh, yang itu Bvlgari mas..
Customer : Ini biasanya tahan berapa lama?
Saya : Itu bisa 2-3 hari mas..
Customer : Bukan, maksud saya sebotol ini biasanya tahan berapa lama?
...SHIIIIING....
Saya : (bengong beberapa detik) oh.. ya tergantung pemakaian mas, kalo di semprot tiap hari ya jelas lebih cepet abis dibanding kalo disemprot seminggu sekali..
Customer : Ooo.. kalo ini biasanya berapa kali semprot ya? kalo misalnya sehari saya semprot tiga kali dalam dua kali semprotan, bisa berapa lama tuh tahannya? 
Saya : ((spanning mulai naik) JADI SAYA HARUS NGITUNGIN GITU?! SAYA INI TUKANG MINYAK WANGI! BUKAN GURU MATEMATIKA! JADI PENGEN NABOK! >> dalam hati) ehm.. aduh, saya kurang tau ya mas..
Customer : Wah, saya pengen tau mbak, soalnya saya kalo beli parfum maunya yang awet-awet, kalo bisa setengah tahunan ga abis-abis gitu..
Saya : ((nyaris memuntahkan lahar) BISAAAA! DUA PULUH TAHUN JUGA GA ABIS! APALAGI KALO BOTOLNYA MASIH DI SEGEL! GA USAH DISEMPROT!>> dalam hati) waduh, susah juga ya mas...
Customer : Ya udah deh, kalo ada yang awet gitu, trs murah, mbak info saya ya? Ini kartu nama saya..
..CIAAAATT DZIGH!! (BIAR KATA SAMPE LEBARAN KUDA NGGAK AKAN SAYA HUBUNGI KAMUUU!!)

Kasus 3 
Lokasi : kamar saya (BBM-an soalnya)

Customer : Des, saya liat di fb, kalo mau beli kaos palembangcity BBM kamu aja bisa kan? kaosnya masih ada?
Saya : Oh iya mas, kaosnya ada, mau motif apa? udah liat foto kaosnya di fb kan?
Customer : Iya, udah. Tapi saya pengen liat langsung, biar jelas banget. Lokasi outletnya dimana?
Saya : (menuliskan alamat outlet) bukanya dari jam 9 sampe jam 5 mas..
Customer : Oh.. di outlet ada kamu Des?
Saya : (mulai bingung) ngga, tapi kaosnya ada.
Customer : Yaah.. kok kamunya ngga ada disana sih?
Saya : (MAU LIAT KAOS APA SAYA SIH?! >> dalam hati) iya, saya ngga disana. Tapi kaosnya ada, disana ada yang jaga kok.. Dia ngerti stock. Bisa tanya ama dia langsung.
Customer : Cewek apa cowok? Cantik kayak kamu ngga?
Saya : (gigit bantal, nyaris banting BB) cowok mas, namanya Anu.. Maaf, mas cari kaos kan?
Customer : Iya sih, tapi kali aja bisa sekalian cari jodoh..
Saya : %&(%#!!@@#!??*^

Kasus 4 
Lokasi : Rumah saya (SMS-an)

Customer : Desrina ya? Saya Anu, mau beli kaos...
Saya : Iya mas Anu, mau motif yg mana? Size apa? Lokasi dimana?
Cusomer : Motif love ada ngga? Size-nya seluas samudra, lokasinya, dihatimuuuu...
Saya : (pingsan....)

Kasus 5
Lokasi : Butik & laundry

Customer : Dek, gamis yang itu berapa? Bisa liat ngga?
saya : Oh bisa bu.. Yang ini 175 ribu (mengambilkan gamis)
Customer : All size ya dek?
Saya : Iya bu..
Customer : Aduuh, ngga cukup kayaknya dek.. Warna lain ada nggak?
Saya : (bingung, size nggak cukup kok malah cari warna?) ada bu, ada biru sama coklat..
Customer : Yang biru sama coklat size-nya juga sama ya?
Saya : (YA IYALAAAH NAMANYA JUGA ALL SIZE KALEEEEE...!) iya sama bu, kan all size... Atau kalau ibu mau, yang satu itu aja bu, ada ukuran extra large-nya..
Customer : Ngga ah, saya suka yg ini.. Ngga bisa digedein ya dek?
Saya : (SITU AJA YANG BODY-NYA DIKECILIN!!) aduh ngga bisa bu.. 
Customer : Sayang banget ya, harusnya butiknya ini ada fasilitas ngecilin sama ngegedein baju dek.. ada penjahitnya gitu.. jadi kalo ada yg pengen ukuran beda kan bisa jahit disini...
...JRENG JREEENG..! (..tak sanggup berkata-kata)

Kasus 6 
Lokasi : Laundry & Butik

Customer : Mbak, ini bajunya di laundry ya, tapi saya mau yang laundry, bukan yang cucian..
Saya : (bingung) mmmm.. maksudnya yang digantung ya bu? Bukan yang dilipat? (mencoba menjelaskan dengan bahasa paling sederhana)
Customer : Aduh, mbak nggak ngerti ya? Ini jangan yang cucian kiloan murah kayak orang-orang lain, saya maunya laundry yaaa...
Saya : (nyaris mengurut dada) Iya bu, jadi saya gantung semuanya ya bu? kan nggak mau dikilo, jadi perpotong ya?
Customer : Yang digantung itu laundry kan? Bukan cucian biasa?
Saya : (Menjauhkan stempel yang pengen digetokin ke jidat) iya bu...
Customer : Laundry kan mbak ya? Bukan cucian? Saya nggak mau yang murah...!
GUBRAKKK!! >> Ya Allah.. ni ibu nggak punya kamus bahasa Inggris yaaaaa?!!!

Kasus 7
Lokasi : Mobil (lagi dijalan sambil fb-an)

Customer :  Mbak yang ini masih ada? (comment di bawah foto tas Furla)
Saya : Ada mbak. Tinggal yang merah..
Customer : Iya gpp, harganya pas ya?
Saya : Iya mbak, maaf harganya pas.. :)
Customer : Ngga bisa kurangin gitu mbak? Dikit ajaaa.. (yang ini dia tulis di message)
Saya : (balas message) Aduh, gimana ya? ya udah, saya potong 25 ribu ya mbak..
Customer : Yaaah, cuma 25ribu? Gpp deh, potong 25 ribu tapi kredit ya? 3X bayar bisa kaaan?
Saya : (KWAAAKK.. KWAAAAKK...) Aduh, ini cash mbak, ngga bisa...
Customer : Yaah saya pengen banget tas furla merah itu. Mbak, gini deh, saya bayar 2x tapi diskonnya digedein yaa?
Saya : (DOOEEENGGG!!!) Maaf ngga bisa mbak, diskon 25 ribu, itu juga untuk cash..
Customer : oooh.. gitu.. ya udah deh, cash gpp, tapi diskonnya 50 ribu ya? Langsung saya bayar hari ini deh, saya transfer kemana ni? Oh iya, saya di kota **** ongkirnya gratis yaaaa? Bonus gituuu...
PLETOKK!! >> (GIMANA KALO KAMU AJA YANG JUAL! SAYA BELI TU FURLA!!)

Kasus 8
Lokasi : Butik & Laundry

Customer : Iiiih sepatunya lucu mbak.. boleh liat?
Saya : (sumringah, sambil ngambilin sepatu) boleeeh...
Customer : Berapa mbak?
Saya : 150 ribu neng..
Customer : (coba sepatu) iiih paas ukuran 38 ya ini? Tapi mahal banget mbak?
Saya : Diskon deh, jadi 135 aja...
Customer : masih mahal mbak.. yang gini sih di bandung palingan ga nyampe seratus deh. Mbaknya kemahalan..
TOEEENG! (SANA PERGI BELI DI BANDUNG! DIKIRA BANDUNG - PALEMBANG GA PAKE ONGKOS!!)

Kasus 9
Lokasi  : Butik & laundry

Customer : Dek, itu keranjang aqua banget, hand made ya? berapaan?
Saya : Iya bu, hand made. Itu 300 ribu..
Customer : Waahh muraah... Di mall kalo full bunga gitu bisa 400-an.. Ada warna lain ga ya?
Saya : (excited) kalo yg jadi ga ada bu, tapi ibu bisa pesen kombinasi warna, nanti saya buatin, ada contoh warna akriliknya kok bu... (ngeluarin biji manik-manik berbahan akrilik)
Customer : Iya saya pesen deh, mana coba bantuin saya kombinasiin warna ya? Mmm.. coba liat yang putih itu kalo dipadu coklat bagus ngga ya? Atau pink ungu ya? Eh.. ntar, coba liat yang merah kalo ama kuning?
... setengah jam berlalu...
Customer : kayaknya bagusan yang ijo tadi aja ya dek, ama biru muda itu...
Saya : iya buu... (menguap lebar, untung ditutup pake tangan)
Customer : Aduh bingung saya.. Jadi pusing.. Nggak jadi aja deh pesennya, nanti aja kalo udah beli karpet baru, jadi bisa nyamain ama karpetnya.. hehehe...
Saya : hehehe (amat sangat terpaksa tertawa, sambil menahan diri ngga melempar tu ibu2 pake biji akrilik!)

Kasus 10 
Lokasi : Kamar saya (BBM-an lagi)

Customer : Desrina, saya Anu, mau tanya kaosnya masih ada?
Saya : Ada. Mas Anu mau yg motif apa?
Customer : Aku pengen liat langsung aja bisa?
Saya : Bisa. Di outlet aja mas, lokasinya.. (nulis lokasi outlet)
Customer : kamu ada disitu kan?
Saya : (oh tidak! Terjadi lagi!) ngga ada mas, itu yang jaga cowok, tanya dia aja bisa.
Customer : Kamu kapan ada disana?
Saya : (mulai perasaan ga enak) Aduh, saya jarang disitu mas. Tapi kaosnya ada..
Customer : Kamu kok ga disitu?
Saya : (Tendang guling) saya jaga butik mas.. Butik khusus busana MUSLIMAH..
Customer : Oh, aku beli baju butik kamu aja kalo gitu..
Saya : (tinju bantal) busana MUSLIMAH mas, buat cewek.. lagian, mas nyarinya kaos kan?
Customer : Ya, apa aja yg kamu jual aku beli des, ga kaos juga gpp...
Saya : (KALO SAYA JUAL PESAWAT SUKHOI SITU MAU BELI JUGA?!?)
>> akhirnya saya males dan stop membalas BBM-nya.. tapi...
PING!!
PING!!
PING!!
>> aduuh kesel kan di PING!! terus?
Customer : Des? Aku ini serius mau beli..
Saya : Iya mas, mau beli apa? (konsisten donk!)
Customer : Sebetulnya kaos sih, tapi males amat ke outlet kalo ga ada kamunya. Atau gini deh, bisa ga kamu ke outlet bentar pas aku kesana?
Saya : (SITU MAU BELI KAOS ATAU MAU BELI SAYAAAHHHH??? PENGEN NABOK!!) ngga bisa mas..
Customer : Atau gini deh, bisa ga kaosnya kamu bawa ke rumah kamu aja? aku ambil di rumah kamu aja..
Saya : (mempraktekkan gerakan yoga tingkat tinggi) aduuh, ngga bisa maaaaass...
Customer : Kenapa? Sombong banget sih kamu?
Saya : Saya harus izin orang rumah dulu mas, maaf yaaa...
Customer : Orang rumah?? Suami ya? Kan kamu single?? Kalo single jangan sombong des, nanti ga laku loh.. Biarpun jual baju kan ga ada salahnya diajak ketemuan? ga niat cari pacar apa?
KRAUKKK!! (gigit guling dan memporak-porandakan isi kamar) >> lagiaaaan! biarpun saya single, saya punya papa, punya mama, punya kakak laki-laki, punya kakak perempuan, jadi kan harus izin. Lagipula saya niatnya dagang paaaak.. Saya sekarang juga bukan penganut paham yang melegalkan pacaran sebelum menikah.. Ya Allah Ya Rabb... Kadang-kadang butuh kesabaran ekstra ya jadi pedagang perempuan... Untung saya sudah dikasih stabilizer sama Allah untuk menstabilkan emosi saya yang dulunya sering meledak-ledak. Ini si customer beruntung saya sudah sedikit beda, coba kalau dia memperlakukan saya begitu kira-kira 2 thn yang lalu, bisa saya kasih jurus tendangan tanpa alasan dia, atau minimal, keluarlah ciri khas saya ; judes level advance! Ckckck...

Yah.. kadang saya benar-benar minta pada Yang Maha Kuasa.. Ya Allah Ya Rabb... Boleh tidak hamba minta diinjeksikan kesabaran dengan dosis sedikit lebih tinggi dari biasanya?

Kadang saya sebagai seorang muslimah sekaligus pedagang yang sedang belajar jadi pribadi yg lebih baik, ingin sekali saya meniru perilaku positif Siti Khadijah RA sebagai seorang muslimah sekaligus praktisi bisnis. Sudah pasti beliau memiliki ujian dan cobaan yang jauuuh lebih besar dari yang pernah saya alami. baik sebelum maupun sesudah menjadi istri Rasulullah SAW. Dan kesabaran yang dimiliki beliau sangat layak untuk kita tiru..

Nah, semua yang kebetulan membaca tulisan saya ini tentunya punya pengalaman juga kan? Apapun itu, semoga kita semua bisa memetik hikmah yang insyaallah nantinya bisa kita jadikan pembelajaran untuk memperbesar kelapangan hati kita, mempertebal iman kita, dan melapangkan dada kita untuk senantiasa bersabar menerima cobaan dari Allah SWT yang diberikan Allah lewat perantara makhluknya ya.. Aamiin..

Semoga bermanfaat!

Wassalam

0 komentar:

Posting Komentar